Berita Biologi

KULIAH KERJA LAPANGAN 2013


Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi adalah Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kuliah Kerja Lapangan ini wajib diikuti setiap tahunnya, oleh mahasiswa dengan tiga tempat yang berbeda yaitu pegunungan, pantai dan lembaga. Dalam Kuliah Kerja Lapangan tahun 2013 tepatnya tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2013 Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi melakukan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan  di lokasi pegunungan dengan tema kegiatan “Field Trip Training” yang berlokasi di kawasan wisata alam Baturraden, Purwokerto, Provinsi Jawa Tengah.

Maksud dan tujuan untuk kegiatan Kuliah Kerja Lapangan tahun ini antara lain: 1) memberikan bekal kemampuan pada mahasiswa calon guru dalam merancang dan mengembangkan kegiatan lapangan; 2) menumbuhkembangkan kepekaan dalam memahami masalah biologi di lapangan untuk penelitian; 3) mengembangkan keterampilan dasar dan keterampilan proses sains di lapangan; dan 4) melatih kerjasama antar mahasiswa dalam memecahkan masalah yang terjadi di lapangan secara langsung.

Adapun untuk kegiatan yang dilakukan pada tahun ini, disesuaikan dengan masing-masing tingkat mahasiswa, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat I berkaiatan dengan mata kuliah morfologi tumbuhan dan Pengetahuan Lingkungan. Untuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat II berkaitan dengan mata kuliah botani phanerogamae, botani cryptogamae dan zoologi invertebrata. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat III berkaitan dengan mata kuliah  zoologi vertebrata, pencemaran lingkungan dan ekologi tumbuhan.

 

KKL web

X