Berita Biologi

Bimbingan dan Konseling


Secara keseluruhan program studi pendidikan biologi bersifat terbuka (open management) kepada seluruh mahasiswa, baik secara pribadi maupun kelembagaan pada saat perwalian akademik. Hal ini dilakukan oleh dosen wali. Kalangan dosen khususnya dosen wali  bersedia untuk berdiskusi dengan mahasiswa mengenai berbagai aspek kehidupan, baik yang bersifat pribadi, akademik maupun yang berhubungan dengan kegiatan penelitian.

Pada saat-saat tertentu sering dilakukan dialog terbuka antara Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi dengan mahasiswa. Pada dialog ini mahasiwa secara bebas mengungkapkan berbagai macam permasalahan yang dihadapinya. Acara dialog ini biasanya dilakukan pada saat kegiatan Temu Warga di akhir semester ganjil setiap tahun akademik untuk mahasiswa baru dan/atau mahasiswa lama. Pada kegiatan dialog ini, hadir dari pihak Pimpinan Fakultas, Ketua Program Studi, beserta seluruh dosen di Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Masalah-masalah yang mengemuka didiskusikan dan dicari jalan pemecahannya, dan apabila masalah-masalah yang berkenaan dengan tingkat universitas maka masalah atau usulan tersebut akan diteruskan ke pihak universitas melalui fakultas.

Melalui bimbingan dan dialog tersebut mahasiswa diharapkan dapat memecahkan persoalan atau masalah yang dihadapi baik dalam hal akademik maupun non akademik.

X